Tanggung
Jawab Nakhoda berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code):
Nakhoda bertanggung jawab secara khusus untuk hal-hal berikut :1.Melaksanakan kebijakan perusahaan dalam bidang keselamatandan perlindungan lingkungan.2.Memotivasi awak kapal agar selalu memperhatikan dan mematuhiketentuan Sistem Manajemen Keselamatan sesuai dengan peraturan danprosedur terkait sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untukpengelolaan dokumen di atas kapal.3.Membuat/menerbitkan instruksi dan perintah yang memadaiuntuk pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan, secara jelas danmudah dipahami.4.Memeriksa dan memastikan agar persyaratan yang ditentukandalam Sistem Manajemen Keselamatan diperhatikan danmelaksanakannya.5.Meneliti kembali Sistem Manajemen Keselamatan dan melaporkankekurangannya kepada DPA.6.Memeriksa dan mengawasi kegiatan bongkar muat terutama :
- Dalam hal keamanaan muatan
- Kebenaran muatan yang akan diangkut
- Memberikan pengawasan terhadap muatan selama dalam pelayarannya
Nakhoda bertanggung jawab secara khusus untuk hal-hal berikut :1.Melaksanakan kebijakan perusahaan dalam bidang keselamatandan perlindungan lingkungan.2.Memotivasi awak kapal agar selalu memperhatikan dan mematuhiketentuan Sistem Manajemen Keselamatan sesuai dengan peraturan danprosedur terkait sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untukpengelolaan dokumen di atas kapal.3.Membuat/menerbitkan instruksi dan perintah yang memadaiuntuk pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan, secara jelas danmudah dipahami.4.Memeriksa dan memastikan agar persyaratan yang ditentukandalam Sistem Manajemen Keselamatan diperhatikan danmelaksanakannya.5.Meneliti kembali Sistem Manajemen Keselamatan dan melaporkankekurangannya kepada DPA.6.Memeriksa dan mengawasi kegiatan bongkar muat terutama :
- Dalam hal keamanaan muatan
- Kebenaran muatan yang akan diangkut
- Memberikan pengawasan terhadap muatan selama dalam pelayarannya
Tanggung Jawab Mualim I berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Mualim I bertanggung jawab kepada Nakhoda, meliputi:
1.
Menyelenggarakan tugas jaga navigasi
2.
Menyelenggarakan buku harian dek, buku olah gerak dan buku-buku
catatan lainnya yang ada kaitannya dengan Departemen Dek,dengan baik dan benar.
3.
Memeriksa dan mengawasi kegiatan bongkar-muat muatan
4.
Untuk pemeliharaan dari semua perlengkapan
keselamatan,keselamatan jiwa dan pemadam kebakaran, kecuali ditentukan
secarakhusus untuk Departemen Mesin
5.
Melaksanakan inspeksi yang dianggap perlu atau yangdiperintahkan
oleh Nakhoda
6.
Mengawasi pelatihan kadet dek
7.
Melaksanakan perawatan dan pengamanan pada sekoci penolongdan
perlengkapannya
8.
Melaksanakan perawatan pada baju pelampung, pelampungkeselamatan
dan perlengkapannya
9.
Melaksanakan pengawasan dan pengamanan pada life raft
danperlengkapannya
10.
Melaksanakan pengawasan, pengamanan dan pemeliharaan
padaalat-alat isyarat bahaya, selang-selang dan nozzle pemadam,
botol-botolpemadam api yang portable dan alat-alat keselamatan jiwa danpemadam
kebakaran lainnya
Tanggung Jawab Mualim II berdasarkan Sistem
Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Mualim II bertanggung jawab terhadap hal-hal sebagai berikut :
Mualim II bertanggung jawab terhadap hal-hal sebagai berikut :
1.
Melaksanakan tugas jaga saat berlayar dan di pelabuhan
2.
Menarik garis haluan di peta berdasarkan petunjuk danpersetujuan
dari Nakhoda
3.
Memeriksa tersedianya peta-peta dengan koreksi terakhir
danbuku-buku navigasi untuk keperluan pelayaran yang direncanakan danmelakukan
koreksi sesuai dengan informasi terakhir yang ada di kapal
4.
Menentukan posisi kapal tengah hari dan menyiapkan laporanposisi
tengah hari
5.
Merawat semua peralatan dan perlengkapan navigasi
sertamenyiapkan semua laporan pencatatannya.
6.
Melaksanakan perawatan sosok benda termasuk
bendera-bendera,lampu-lampu navigasi dan alat-alat isyarat
7.
Melaksanakan pengamanan dan perawatan ruang kemudi, ruangpeta
dan navigasi serta instrumennya termasuk teropong, teleskop,lampu aldis dan
handy talky selama kapal berada di pelabuhan
8.
Bekerjasama dengan KKM untuk mempersiapkan voyage reportsecara
teliti dan tepat waktu
9.
Menyiapkan setiap laporan cuaca yang dibutuhkan
bekerjasamadengan Perwira Radio
10.
Melaksanakan tugas sebagai Perwira Kesehatan, mempersiapkandan
menjamin bahwa persediaan peralatan kesehatan dan obat-obatancukup untuk pelayaran
dimaksud
Tanggung Jawab Mualim III berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Mualim III bertanggung jawab terhadap hal-hal berikut :1.Mualim III bertanggung jawab kepada Nakhoda mengenai hasilkerja dan tindakan yang seharusnya sebagai seorang Mualim Jaga danPerwira Navigasi2.Bilamana bertugas menangani muatan atau ballast, Mualim IIIbertanggung jawab kepada Nakhoda melalui Mualim I. Mualim IIIbertanggung jawab terhadap hal-hal sebagai berikut :
1.
Melaksanakan tugas jaga saat berlayar dan di pelabuhan
2.
Melaksanakan perawatan, pemeliharaan dan pengamanan padasekoci
penolong dan perlengkapannya
3.
Melaksanakan perawatan dan pemeliharaan pada baju
pelampung,pelampung keselamatan dan perlengkapannya
4.
Melaksanakan pengawasan dan pengamanan pada Life Raft
danperlengkapannya
5.
Melaksanakan pengawasan dan pengamanan pada alat-alat
isyaratbahaya, selang-seling dan nozzle pemadam, botol-botol pemadam apiyang
portable dan alat-alat keselamatan jiwa dan pemadamkebakaran lainnya
6.
Menyelenggarakan dan memelihara alat-alat keselamatan jiwadan
pemadam kebakaran sesuai arahan Mualim I
Tanggung Jawab Perwira Radio berdasarkan
Sistem Manajemen KeselamatanPT.TM (ref. ISM Code):
Tanggung jawab Perwira Radio :
Pengoperasian dan pemeliharaan pada stasiun Radio Kapal danperlengkapan radio termasuk menyimpan catatan yang perlu
Tanggung jawab Perwira Radio :
Pengoperasian dan pemeliharaan pada stasiun Radio Kapal danperlengkapan radio termasuk menyimpan catatan yang perlu
1.
Membantu pemeliharaan dan perbaikan sarana elektronika yang lain
ataspermintaan Nakhoda dan KKM, tanpa mengganggu tugas jaganya
2.
Sebelum kapal berangkat dari pelabuhan, Perwira Radio
agarmemastikan bahwa Juru Masak sudah lengkap di atas kapal. Persediaandan
perlengkapan pemakanan di atas kapal cukup untuk pelayaran yangdirencanakan,
serta pesawat dan peralatan yang menjadi tanggungjawabnya telah dipersiapkan
dengan baik dan benar.
3.
Dapat difungsikan sebagai pemegang administrasi, keuangan,
danpemakanan, dimana tugasnya adalah Memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen dan
sertifikat pelautdari awak kapal, sertifikat dan surat-surat kapal sesuai
persyaratan,keuangan dan dokumen lainnya
Bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen
muatan :
·
Membuat laporan rekapitulasi pendapatan kapal kepada
kantorsesuai dengan tata cara pelaporan lewat radio
·
Mengawasi kondisi dan perawatan peralatan dapur
besertaperlengkapannyae.Koordinator belanja atau perbekalan makanan di
kapalf.Membuat laporan absensi ABK sesuai dengan tata cara pelaporanlewat radio
Tanggung Jawab Serang berdasarkan Sistem
Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Serang bertanggung jawab kepada Mualim I mengenai hal-hal sebagai berikut :
Serang bertanggung jawab kepada Mualim I mengenai hal-hal sebagai berikut :
1.
Pengaturan dan pelaksanaan pemeliharaan rutin dek,
pengawasankerja harian Juru Mudi dan kelasi
2.
Pengaturan tugas Juru Mudi dan kelasi dalam rangka
pengaturanbongkar muat, sandar/labuh dan mengevaluasi hasil kerja mereka
3.
Siaga di haluan pada saat kapal olah gerak dan menyiapkanjangkar
pada saat lego/hibob
4.
Melaksanakan pekerjaan reparasi kecil-kecilan,
melaksanakanpekerjaan pemberian Gemuk pada block-block batang pemuat, sekocidan
peralatan dek lainnya
5.
Menerima dan menghitung secara rutin dengan teliti mengenai
airtawar di atas kapal
Tanggung jawab Kelasi berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Kelasi bertanggung jawab kepada Mualim I mengenai hal-hal berikut :
1.
Menjaga kebersihan dek, gang akomodasi, ruangan kamar mandi
danWC umum serta membuang sampah
2.
Mengetok, menyikat dan mengecat dek, lambung, ralling,
pipa-pipa,struktur serta peralatan dek lainnya
3.
Memberi pelumasan sling, derek, engsel-engsel pintu dan
peralatandek lainnya
4.
Siaga di haluan/buritan pada saat kapal olah gerak dan menyiapkanjangkar
dan tali tambat dalam rangka sandar dan labuh
5.
Memantau bongkar muat pada waktu jaga
6.
Mengawasi ketegangan tali pada waktu kapal sandar
7.
Mengawasi tangga kapal dan tangga pandu pada waktu
kapalberlabuh/sandar
8.
Melaksanakan/menjaga keselamatan kapal, ronda keliling dek
padasaat kapal sandar/berlabuh
Tanggung Jawab Juru Mudi berdasakan Sistem Manajemen KeselamatanPT.TM (ref. ISM Code)
Juru mudi bertanggung jawab kepada Mualim I mengenai hal-hal berikut :
1.
Pada saat kapal berlayar, bertugas jaga di anjungan
melaksanakansiaga dan menangani kemudi kapal
2.
Menyiapkan bendera-bendera, alat-alat pemadam di dek
danperlengkapan lainnya seperti yang diperintahkan oleh Mualim Jaga
3.
Memelihara dan menjaga kebersihan di anjungan serta
bagian-bagiankapal lainnya seperti yang diperintahkan oleh Mualim
I4.Menghidupkan/mematikan penerangan di Dek dan Navigasi
Tanggung Jawab Juru Masak berdasarkan Sistem
Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Juru masak bertanggung jawab kepada Perwira Radio mengenai :
Juru masak bertanggung jawab kepada Perwira Radio mengenai :
1.
Mengajukan & menyiapkan kebutuhan bahan makanan sesuai menu
2.
Mengatur penempatan/penyimpanan bahan-bahan makananbasah/kering
ke dalam gudang
3.
Memasak makanan sesuai menu dengan memperhatikan nilai-nilai
giziserta syarat-syarat kesehatan
4.
Menyiapkan, menghidangkan makanan dan minuman di salon
Perwiradan ABK
5.
Menjaga kebersihan/kerapian kamar Nakhoda/Perwira-perwira,
ruangmakan, ruang rekreasi serta dapur
6.
Mengambil pakaian dinas Nakhoda/Perwira-perwira dan
inventarisperlengkapan kamar/ruangan yang kotor serta mengembalikan yang sudah
bersih
7.
Melaksanakan tugas seperti yang diperintahkan
olehNakhoda/Perwira-perwira
Tanggung Jawab KKM berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code):
KKM adalah Kepala Departemen Kamar Mesin yang bertanggung jawab kepadaNakhoda mengenai administrasi, pengawasan, keselamatan dan penghematanoperasi pada Departemen Mesin.Tanggung jawab KKM :1.Untuk pengoperasian, pemeliharaandan perbaikan yang tepat guna pada semua mesin-mesin danperlengkapan listrik, mesin perlengkapan dek, mesin pendingin bahanmakanan, dapur dan perlengkapan lainnya seperti yang telah ditetapkan.2.Tanggung jawab yang berhubungandengan sistem muatan dan mesin perlengkapan dek akan dilakukan kerjasama dengan Mualim I.3.Untuk melaksanakan pengawasanyang ketat terhadap semua kegiatan Departemen Mesin, KKM agar setiapsaat memberitahukan mengenai hal-hal berikut :a.Tingkah laku dan kemampuan awak kapal Departemen Mesinb.Pemakaian dan persediaan yang ada mengenai bahan bakardan minyak pelumas
c.
Kondisi dari mesin penggerak utama, mesin bantu dan mesinkemudi termasuk kinerja terakhir peralatan-peralatan tersebut,perbaikan yang dibutuhkan, persediaan dan penggunaan suku cadangDepartemen Mesin.4.Melakukan inspeksi ke ruanganmesin untuk memastikan pengoperasian mesin-mesin dengan benar danmelihat bahwa awak kapal yang mengoperasikan melakukan tugas-tugasnya dengan penuh perhatian, serta melakukan inspeksi bersamadengan Nakhoda ke seluruh bagian kapal sebagaimanan diperlukan.
Tanggung Jawab Masinis I berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code):
Masinis I adalah pejabat nomor dua untuk Departemen Mesin dan jika KKMberhalangan, dia akan mengambil tugas dan tanggung jawab KKM.Masinis I bertanggung jawab kepada KKM mengenai hal-hal sebagai berikut :1.Melakukan tugas jaga di kamarmesin pada waktu kapal berlayar dan di pelabuhan jika ditetapkandemikian.
2.
Kondisi dan pemeliharaan mesininduk, pemeliharaan pompa-pompa, alat pemindahan panas (heatexchanger) dan perlengkapannya3.Sebagai Masinis I bertanggung jawabdalam pencegahan kecelakaan bersama Mualim I untuk memastikankondisi kerja yang aman di atas kapal, agar memperhatikan bahwasemua pekerjaan terutama yang berhubungan dengan KegiatanDepartemen Mesin dilaksanakan dengan aman
4.
Melakukan tugas-tugas danpekerjaan pemeliharaan sesuai dengan jadwal pemeliharaanterencana/PMS (Planned Maintenance System)5.Melaporkan dan mencatatpemakaian bahan bakar dan minyak pelumas kepada KKM6.Merencanakan permintaan bunkerdan minyak pelumas
7.
Pengoperasian dan pencatatanindikator pesawat-pesawat kelistrikan
8.
Pengoperasian, menjalankan sistemmesin pendingin, sistem air condition, panel listrik dan elektro motor
9.Menyiapkan dan mengganti lampu-lampu penerangan dan lampu-lampu navigasi apabila ada yang padam
Tanggung Jawab Masinis II berdasarkan Sistem Manajemen KeselamatanPT.TM (ref. ISM Code):
Masinis II bertanggung jawab kepada KKM mengenai hal-hal berikut :1.Melakukan tugas jaga di kamarmesin pada waktu kapal berlayar dan di pelabuhan jika ditetapkandemikian2.Kondisi dan pemeliharaan motorbantu, air compressor, pesawat-pesawat darurat dan perlengkapannya
3.
Melakukan tugas-tugas danpekerjaan pemeliharaan sesuai jadwal pemeliharaan terencana.4.Kondisi dan pemeliharaan pipa-pipadan tangki-tangki serta perlengkapannya5.Kebersihan ruangan-ruangan mesin
Tanggung Jawab Masinis III berdasarkan Sistem Manajemen KeselamatanPT.TM (ref. ISM Code):
Masinis III bertanggung jawab kepada KKM mengenai hal-hal berikut :1.Melakukan tugas jaga di kamarmesin pada waktu kapal berlayar dan di pelabuhan jika ditetapkandemikian2.Kondisi dan pemeliharaan pompa-pompa, alat pemindahan panas (heat exchanger) dan perlengkapannya3.Melaksanakan tugas-tugas danpekerjaan pemeliharaan sesuai jadwal pemeliharaan terencana4.Melaporkan dan mencatatpemakaian bahan bakar dan minyak pelumas kepada KKM5.Mengawasi pelaksanaan pengisianbunker dan penerimaan minyak peluma
Tanggung Jawab Mandor Mesin berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Mandor mesin bertanggung jawab kepada Masinis I mengenai hal-hal berikut :1.Pelaksanaan perawatan peralatanserta menjaga kebersihan/ketertiban di lingkungan Departemen Mesin2.Pengawas kerja harian juru mesindan mengatur serta membuat jadwal tugas jaga juru mesin3.Menggantikan tugas juru mesin bilaberhalangan4.Membantu pelaksanaan kerja danmelaksanakan perintah dari Masinis I5.Mengevaluasi hasil kerja mekanikbengkel dan juru mesin
Tanggung Jawab Juru Mesin berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Juru Mesin bertanggung jawab kepada Mandor Mesin mengenai hal-hal berikut :
1.
Melaksanakan perintah kerja MasinisJaga pada waktu tugas jaga
2.
Menguasai, mengatasi dan mencatatsemua alat-alat indikator
pesawat yang sedang berjalan dan memeriksaminyak pelumas
3.
Melaporkan kepada Masinis Jagaapabila ada kelainan-kelainan pada
pesawat yang sedang berjalan
4.
Melaksanakan pekerjaan harian dikamar mesin
5.
Membantu setiap ada tugas yangdiperlukan pada waktu olah
gerakdan harus berada di kamar mesin
6.
Membantu mencegah pencemaranlaut dan keselamatan kerja
7.
Melaksanakan kebersihan pesawat-pesawat, peralatan kerja
sertakamar mesin8.Melaksanakan tugas-tugas lainnyaseperti yang diperintahkan
olehMasinis I atau Masinis Jaga
Tanggung Jawab Juru Minyak berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan (ref. ISM Code) :
Juru minyak bertanggung jawab kepada Masinis I mengenai hal-hal berikut :
1.
Melaksanakan perintah kerja MasinisJaga pada waktu tugas jaga
2.
Menguasai, mengatasi, danmencatat semua alat-alat
indicatorpesawat yang sedang berjalan danmemeriksa minyak pelumas
3.
Melaporkan kepada Masinis Jagaapabila ada kelainan-kelainan
padapesawat yang sedang berjalan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar