Laman

Selasa, 19 Februari 2013

Risk Assesment


·  Risk Assement
  adalah langkah dalam prosedur manajemen risiko. Penilaian risiko adalah penentuan nilai kuantitatif atau kualitatif risiko yang berhubungan dengan situasi konkrit dan ancaman diakui akan terjadi (also called hazard). Quantitative risk assessment   .Kita memerlukan perhitungan dari dua komponen risk (R), besarnya potensipotential loss (L), dan probabilitas atau  probability (p)  bahwa kerugian akan terjadi. Dalam semua jenis pekerjaan di atas kapal,  jadi kita dapat membuat dan merekayasa sistem  kerja jika di prediksi akan membahayakan peralatan dan manuasianya (crew kapal) yang kompleks agar hal yg tidak kita inginkan dapat membuat memperkecil bahaya karena kita sudah membuat  penilaian risiko bahaya sebelum pekerjaan di mulai.

· Toolbox safety meeting  
adalah safety talk jika di singkat atau rapat pertemuan di antara anak buah kapal khususnya tentang subjek keselamatan dalam bekerja di atas kapal. tertentu pada awal pemberitahuan hal hal yg harus di perhatikan sebelum pekerjaan di mulai dan memcari masukan juga sharing dan memberikan pengarahan yg benar untuk mencega kesalahan saat kapal beroperasi. Pembicaraan ini dapat dilakukan dalam beragam cara tetapi biasanya (15 sampai 30 menit) singkat diskusi pertemuan interaktif pada keselamatan kerja, karena sesuatu yang berhubungan dgn keselamatan wajib di diskusikan. Topik Toolbox digunakan untuk menutupi berbagai subyek pelatihan keselamatan yg masi di anggap kurang di forum ini di lengkap di perjelas kepada ABK kapal. Artinya  untuk mengingatkan crew member di setiap saat sebelum mereka melakukan  pekerjaan di atas kapal, di setiap saat. Safety all the time.

·  Checklist 
adalah daftar pemeriksaan sebelum suatu pekerjaan di mulai di atas kapal. Semua perusahaan pelayaran melalui DPA/QHSE telah membuat daftar tersebut yg wajib di isi dgn benar agar keselamatan  lebih terjamin .  


Tujuan dari Checklist ini adalah memberikan  informasi yang digunakan untuk mengurangi kegagalan kompensasi untuk batas potensi memori ya luput dari ingatan manusia.  Checklist Ini membantu kita untuk memastikan konsistensi dan kelengkapan dalam melaksanakan tugas. Sebuah contoh dasar adalah "untuk melakukan daftar yang ada sudah di periksa terlebih dahulu." Sebuah daftar pemeriksaan yg telah  di susun menjadi satu paket untuk satu pekerjaan yg akan di mulai. sehingga menjadi lebih terorganisir dan lebih maju jadi tak ada celah kesalahan yg terlewat karena adanya daftar pengecekan dari awal kerja. kita akan mengikuti urutan dari jadwal yg ada di list tersebut, yang menjabarkan tugas yang terprogram dgn baik  jadi ada langka yg lebih maju kedepannya dan  harus dilakukan sesuai dengan waktu hari atau faktor-faktor lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar