Laman

Minggu, 17 Februari 2013

INDIRECT MANOEVERING SYSTEM




Pada motor 4 tak medium speed, system olah gerak baling - baling untuk merubah arah putaran baling - baling menggunakan indirect system atau gear box system, karena untuk mereduksi putaran mesin dari medium speed ke putaran baling - baling slow speed.
Direduction gear (gear box) ini terdapat gigi - gigi transmisi, pinion gear yang kesemuannya menjadi unit dari gear box. Arah putaran mesin tetap saja (misalnya putar kanan atau putar kiri), yang arahnya berubah hanya arah putaran baling - baling bias putar kanan atau bisa putar kiri untuk mendapatkan kapal posisi maju (ahead position) atau posisi mundur (asten position). Namun untuk mengatur maju atau mundurnya arah putaran poros baling - baling dapat decontrol dengan forward clutch (kopling maju) atau reverse clutch (kopling mundur) untuk menghubungkan steel plate ke sintered plate (menggunakan friction clutch) dikontrol oleh tekanan hydraulic minyak dari servo motor melalui lubricating oil-oil pump. Pada netral position tekanan pelumas ± 4 bar, namun begitu clutch ON tekanan pelumas mencapai ± 16 bar. System olah gerak ini kebanyakan di komando langsung dari anjungan kapal (bridge control), namun dapat juga dilayani dari engine room (engine control) melalui telegraph, untuk mengatur putaran shaft, langsung dikontrol dari wheel house (bridge control).
1.    Bagian-bagian utama dan fungsinya masing - masing :
a.    engine shaft gear wheel berfungsi sebagai gigi penggerak dari engine side
b.    pinion gearwheel berfungsi selagi gigi antara.
c.    Forward dan reverse clutch berfungsi sebagai kopling maju atau kopling mundur
d.    Servo motor adalah berfungsi sebagai penekan pelumas didalam silinder sehingga steel plate dapat menyatu dengan sentered plate (engine condition)
e.    Selector valve berfungsi sebagai katup pemilih maju atau mundur
f.     Propeller shaft gear adalah gigi poros baling - baling
g.    Sentered plate adalah bagian friction plate yang diam h. Steel plate adalah bagian friction plate bergerak.
2.    Prinsip kerjanya :
a.    Natural position
§  Wheel house menempatkan manoevring handle di netral position
§  Dengan pneumatic system selector valve E dalam neutral position bersamaan dengan manoevring handle di control diwheel house
§  Gear wheel A berputar kearah kanan
§  Gear wheel B berputar kearah kiri
§  Gear wheel forward & reverse clutch stop (disenganged condition)
§  Gear wheel propeller shaft stop
b.    Ahead position
§  Wheel house menempatkan manoevring handle di ahead position
§  Selector vavle E di ahead position
§  Gear wheel A berputar kearah kanan
§  Gear wheel B berputar kearah kiri
§  Forward clutch ON
§  Lub oil pump melalui selector valve yang terbuka, mengisap menjadi dari gear box sump tank dan menekannya ke servo motor D
§  Servo motor piston bergerak menekan friction plate (sintered dan steel plate) dan saling menyatu (enganged condition)
§  Gear wheel forward clutch C berputar kearah kiri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar