Laman

Selasa, 19 Februari 2013

Proses Korosi



Korosi merupakan suatu proses degradasi dari suatu logam yang dikarenakan terjadinya reaksi kimia antara logam tersebut dengan lingkungannya. Pada dasarnya korosi adalah peristiwa pelepasan elektron-elektron dari logam (besi atau baja) yang berada di dalam larutan elektrolit misalnya air laut. Sedangkan atom-atom yang bermuatan positif dari logam (Fe+3) akan bereaksi dengan ion hydroxyl (OH-) membentuk ferri hidroksida [Fe(OH)3] yang dikenal sebagai karat. Berdasarkan segikonstruksi pada kapal laut, pelat lambung kapal adalah daerah yang pertama kali terkena air laut. Pada daerah lambung ini bagian bawah air ataupun daerah atas airrentang terkena korosi

Korosi kapal baja dapat dibedakan menjadi menjadi 5 jenis yaitu :

1.Korosi Merata (uniform corrosion), seluruh permukaan pelat terserangkorosi biasanya pada bagian pelat yang berada diatas garis air.

2.Korosi Pelobangan (pitting corrosion), pada permukaan pelat terjadi lobangyang semakin lama akan bertambah dalam dan akhirnya dapat menembuspelat kapal.

3.Korosi Tegangan (stress corrosion), korosi pada bagian pelat yang memikulbeban besar.

4.Korosi Erosi (errosion corrosion), korosi yang terjadi pada material yangmenerima tumbukan partikel cairan yang mengalir dengan kecepatan tinggi.

5.Korosi Celah (crevice corrosion), korosi yang terjadi pada celah, daerah jepitan, sambungan dan daerah yang ditutupi binatang dan tumbuhan kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar